1917: Lenin, Wilson, and the Birth of the New World Disorder

1917: Lenin, Wilson, and the Birth of the New World Disorder

Sejarah buatlah sedikit Historiografi tradisional Ramayana berserta penulis dan alasannya !
tolong ya kak
kolom tata tulis nya ada di gambar​

buatlah sedikit Historiografi tradisional Ramayana berserta penulis dan alasannya !
tolong ya kak
kolom tata tulis nya ada di gambar​

Jawaban:

Kitab Ramayana terdiri dari 24.000 sloka dibagi atas tujuh kanda disebut Saptakanda

Historiografi Ramayana terdiri dari 7  Kanda :

1. Balakanda

Kitab Balakanda menceritakan tentang Prabu Dasarata yang memiliki tiga permaisuri, yaitu  Keikayi, dan Sumitra. Kausalya. Dari ketiga permaisurinya, Prabu Dasarata mempunyai empat putra, yaitu Lakshmana dan Satrughna, Rama dan Bharata.  Pada kitab ini diceritakan pula kisah Rama berhasil memperistri Sita, putri Prabu Janaka setelah memenangkan sayembara.

2. Ayodhyakanda

Dalam Kitab Ayodhyakanda, diceritakan bahwa Rama adalah putra tertua Prabu Dasarata dari permaisuri Kausalya. Sementara Lakshmana dan Satrughna adalah putra Sumitra, dan Bharata adalah putra dari istri kesayangan raja, Keikayi. Prabu Dasarata yang telah tua bermaksud menobatkan Rama sebagai putra mahkota dan calon penggantinya. Namun atas permintaan Keikayi, Rama diusir ke hutan rimba selama 14 tahun dan Bharata dinobatkan sebagai pewaris takhta. Sita dan Lakshmana meminta untuk mengiringi Rama dan diizinkan. Saat Prabu Dasarata wafat, Bharata menolak dinobatkan sebagai raja dan menyusul Rama untuk memintanya kembali. Setelah Bharata gagal membujuk Rama kembali Ayodhya, ia memerintah kerajaan atas nama kakaknya.

3. Aranyakanda

Kitab Aranyakanda menceritakan kisah Rama, Sita, dan Lakshmana di tengah hutan selama masa pengasingan. Adik Rawana yang bernama Sarpanaka muncul dan hidungnya dipotong oleh Laksmana. Sarpanaka melaporkan hal itu kepada Rawana dan menganjurkannya untuk menculik Sita. Sita kemudian ditempatkan di taman Asoka, taman sari Alengka.

4. Kiskindhakanda

Kitab ini menceritakan tentang Rama yang bersekutu dengan Sugriwa, yang dibuang ke rimba oleh saudaranya, Subali. Rama pun membantu Sugriwa merebut takhtanya di Kerajaan Kiskenda. Setelah itu, Sugriwa menyuruh Hanuman dan beberapa anak buahnya untuk mencari jejak Sita.

5. Sundarakanda Dalam Kitab Sundarakanda, diceritakan Hanuman tiba di Alengka yang dikelilingi oleh para pengawal raksasa. Meski sempat bertemu dengan Sita, Hanuman ditangkap dan hampir dihukum mati. Pada akhirnya, Hanuman berhasil meloloskan diri dan membakar hampir seluruh Alengka. Hanuman dan kawan-kawannya kemudian kembali kepada Rama untuk melaporkan keadaan Sita.

6. Yuddhakanda

Kitab Yuddhakanda bercerita tentang pertempuran panjang antara pasukan Rama dan pasukan Rawana. Dalam pertempuran ini, Rama dan Laksmana dilukai Indrajit dengan panah ularnya. Kumbakarna, adik Rawana yang tidur enam bulan, dibangunkan dan maju berperang, tetapi tewas di tangan Rama. Pada akhirnya, Rawana tewas dibunuh oleh Rama. Selanjutnya Wibisana dinobatkan menjadi raja Alengka. Rama membawa sita ke ayodya setelah Sita membuktikan kesuciannya. Rama kemudian dinobatkan menjadi raja Ayodhya

7. Uttarakanda

Kitab ini menceritakan pengusiran Sita karena rakyatnya menyesali Rama yang mau menerima kembali istrinya setelah berada di tangan Rawana. Sita kemudian ditinggalkan Laksmana di dekat padepokan Walmiki dan di situlah ia melahirkan bayi kembar, Kusa dan Lawa. Saat Rama mengadakan upacara persembahan, Walmiki hadir bersama Kusa dan Lawa. Anak kembar itu kemudian menyanyikan kisah Ramayana di hadapan Rama dan para tamu. Setelah itu, Rama meminta Walmiki menjemput Sita untuk membuktikan kesuciannya. Sita bersumpah di depan semua orang "Jika aku suci maka Bumi akan menelanku" dan tidak lama kemudian, ia pun ditelan Bumi. Rama akhirnya meninggalkan ibu kota dan pergi menuju Sungai Sarayu, di mana ia Moksa.

( maharanianakagung )

[answer.2.content]